Selasa, 04 Juni 2013


PART 6

Jawaban atas perjalanan

Liburan dah selesai,,, tapi aku ngak tahu harus ngomng ke siapa…sama aulia dia lagi banyak masalah ..aku ngak mau buat tambah dia susah, Iseng aku buka salah satu jejaring social …. 
 dapat chatingan dari ela….. ya ampun ela… dia tiba tiba bagaikan malaikat yang datang disaat yang tepat…
“ rhaa,, kamu kok ngk pernah maen k kontrakan sih ?? kata ela di chat
  elaaaaaaaaaaaaaaaaa….. aq kangennn,,, ntar aq kesitu sekarang….
“ y udh sni,, twkan kontrakan baru ku….
“ tw tww… aq meluncur kataku…

Sampai di kontrakan ela,,,
Ela kebiasaan pasti lage mandi… pokok nya dikamr mandi kalau aq datang!....
Wuyy buu,,, udah datang nihh kataku….
Ehhh rhaa,,, tgu aja di kamar heheh… aku mandi bentar katanya…
Dikmar ela ,, aku lalu tiduran sambil ngeliatin boneka beruang coklat yang dikase pacarnya ela ke dia…
Karena tuh anak paling lama di kamar mandi,, aku mutusin buat luluran hehhe,, kalau ketemu ela aku slalu numpang ngabisin pernak pernik kecantikannya,, tuh anakkan rajin banged kalau masalah kecantikan,, favoritku  paling seneng kalau  luluran di koktrakan ela,,, bawaannya seneng gitu soalnya ada cermin yang gedee bged sgede lemari biasa ngeliat kita seutuhnya….
Rhaa,, kapan datang… kata amel teman kontrakan ela,,,
Udahh dari tadii,,
Trus elanya mana..
Lgi mandi …
Haa,, kebiasaan dia itu,,,
Ngak tahu tuh,,,,
Sini ke kmarku aja… nonton bareng katanya… aku pun kemarnya sambil lulran,,dia juga sibuk bersihinin mukanya pake kapas ma pelembab… ngak lama ela dengan handuk dikepalanya langsung bergambung bersama melakukan tretment perawatan ala mahasiswa cewek ..  ….
Rhaa… pacar kamu siapa skrang .. kata ela
Ngak adaa ,,,
Loh ?? itu yang anak teknik dah ngak,,
Ngakk.. dah putus..
Oww.. pdahal aku pengen sih skali sakali kita jalan brang gtu,,,ngajak  pcar ….
Huum kenapa pas aku putus bilangnya huuuuww…
Yowww… iaa yah,, kalau aku lage jomblo kamu pasti ada pacar… kalau kamu jomblo aku ngk da pacra!!... kasian skali  hahahahhah….
Hahahhah… sialannn …..
Ehhh aq berangkat k kampus dulu yh,, … kata  amel…
Okkeee,,,, kta kami kompakk… tapi tetap di kamr amel,,, soalny Cuma amel yang ada tv…
La,,, kamu tw ngak aku ikut aliran sesat gtu…
Haa?????? Apaaa
Iaa aku ikut sama mb’diah… jadii gini… lalu aku certain semuanya…
Ya udah,, mkanya kamu kalau ada apa apa,,, ngobrol kea q,, jgan diam2…
Iaa… aq juga nyesell,, abisnya mereka mantau trus aq gitu…
Hm… gmna kalau kita bilang ke mb sinta…..
Jgan lah,,, aq takut dia ngak percaya,,,
Tenang, nanti aq belain kamu … supaya kita bisa jagain mb diah juga kasian kan
Iaaa la,, aq juga ngerasa bersalah bged waktu dijakarta ningalain dia… pasti dia ngak bkal maafin aq…..

*
Keesokan harinya waktu kami akhirnya janjian ketemu dengan mb sinta dikozt nya…
Mbaaa…. Kangenn kata kami sambil ngobrol ngbrol…
Mba ,,,  gimana kbarnya mb’diah …. Kata ela
Aduhh mb ngak tahu e dekk.. soalnya mb sekarang lagi sibuk mau ngurus penelitian…
Ohh gitu mb… jadi dah masing masing nih,,, paling ngak ketemuan gitu…
Iaa.. mb diah udah sering ngumpul ma anak2 yang ada mobilnya,, yow mb kan ngk enak rha…jadi mb ngejauh juga…
Ada yang pengen kami certain…. .kata ela
Apaa? Kata mb diah sambil buka laptop dengerin musikk…
Mba aku dan mb ela… aku certain semuaa,, nya sampai akhir sejelas jelasnya….

Y ampun…. Jadi yang sering jalan bareng  sama dia itu kamu rha….
Iaa mb,,benerann..
Dia juga sempat cerita… tapi itu dah lama rha dia ngikut aliran itu… dia juga bilang mb jgan bilang ke sypa 2…
Tapi mb kalau aq baru beberapa bulan lalu….
Mungkin dia udah duluan masuk rha,,, trus ngajak kamu… kta ela…
Masakk ia sih….
Iaaa rha,, mb ingat waktu itu papa mb juga lagi sakit… tapi ngak tahu juga yahh…
Dan semua jadi jelas…………..
Akhirnya kami mutusin pergi makan bakso bareng,, udah lama kami ngak jalan bareng… sambil ingat kenangan kozt dulu …  kangen …

**
Di Rs sarjito,,, setelah kami mendapatkan hasil lab aulia….
Mb, kata dokter aq disruh pergi periksa k prhamita lagi buat tes rongseng dan lain lain mb trus dikase rekomedasi ke dokter ….
Oww gitu,, y udah ayukkk kita tes dulu k prhamita y dek …
Mb tw daerahnya mana,,
Iaa yang lurus di jembatan layang  itu tahh…
Y udh kt kesan langsung  yah…
Sesampainya disana,,, aulia langsung diperiksa,, aku ngerasa cemas ngeliatin diyang begitu ingin tahu tetang apa yang terjadi pada dirinya…
Mbaa temenin aulia mau di ambil darah katanya….
Aq megang tangan aulia…  aq ngak tahu apa yang dia rasain tapi aku juga begitu takut… kenapa mereka menyuruh aulia pergi ke sini,, mengapa harus ke dokter… mengapa harus begitu ribet…
Besoknya kami ambil hasil labnya., kami lalu pergi ke dokter untuk menyerah kan hasil lab tersebut.. sampai di sana …ternyata itu adalah dokter kandungann… 
Aku kaged,,, aulia apa lagi…. Kami hanya berpandangan berusaha bilang ngak papa semua baik baik saja…. Disana banyak ibu hamil… yang memandangi kami berdua…
Aku coba menghubungkan semua ,,, mungkin hanya … tentang  siklus  menstruasinya aulia… ngak lama aulia dipanggil masuk…
Mba sini ikut…. Kata aulia….
Aku pun mengikutinya masukk,,, dan disana ada perawat dan dokter yang sudah lumayan berumur… seperti dokter umumnya memakai kaca mata  dan jas putih ….
 Dok,, kami dapat rekomedasi dari dokter ,, yg ada di RS sarjito..
Oww,,, kok bisa tau berobat sama dia… kata dokter…
Iaa tau dari RS tempat ibu saya bekerja… kata aulia
Y sudah ,, langsung diperiksa  ya…
Ngak lama perawat lalu memeriksa aulia,, ngak sengaja aku ngeliat dari balik cermin…
Aulia kaged… dan tersenyum malu padaku.. aku hanya tersenyum…
Siapa nya dekk.. kata dokter…
Mba kostnya dok..
Oww ,,, dari tadi nemenin aulia…
Iaa dokk,,,
Dokter lalu mengganguk pelan… stelah aulia diperiksa,,  dokter bilang ,  aulia coba  pergi ke Cito untuk  rongen bagian kepalanya …aulia kemudia meanyakan apa yang terjadi.. dokter  seperti masih ragu.. tapi aulia ingin tahu dan dokter memberitahu kalau ada yang salah  dengan hormone nya…. …
Saat itu Hujan jatuh  dari langit dengan deras… aku dan aulia berdua  menysuri jalan menuju Cito,, untuk memeriksa kan  aulia,, disana saat hasilnya keluar aku melihat orang yang mengamati rongen.. tampak melihat aneh padaku…. Saat itu aku tahu ada yang salah…kami pun kembali membawa hasil dari Cito ke dokter….
Dekk,, dari hasil rongsen ini didapatkan ada  massa dikepalamu….
Apa itu dok kata aulia….
Aku hanya bisa diam saat dokter menjelaskann,, aku hanya memegang aulia,…berusaha smoga dia bisa kuat.... diperjalanan pulang aulia berbicara tanpa henti……….  Aku menangis,, kenapa mesti dia… kenapa di dunia ini orang baik harus dapat masalah seperti itu……….

Di kozt aulia dan orang tuanya saling menguatkan… aku hanya bisa melihat kekuatan keluarga lebih dari segalanya …. Aulia wlau dia punya masalah,, walau aku tahu dia merasa sakit… walau sekalipun dia merasa beban didunia ada dipundaknya… setidaknya kami ada untuknya.
Terkadang didunia nyata seperti ini ada masalah masalah yang tak bisa dipecahkan. Tapi  tiba tiba akan selesai begitu saja.. tanpa ada yang tahu bagaimana prosesnya.
Aku harap akan ada keajaiban.

***
Oh ya  kozt baru,,,
Dikoztku itu punya jaringan internet bebas tanpa hambatan, itu membuat kami para penghuni kozt gila dengan internetan… perlahan lahan kami dekat,,, Kamar pertama bernama Ratih, kedua Kiran,ke tiga Farah dan terakhir aku . . . punya jurusan yang berbeda beda dan sifat yang jauh berbeda . .
Kami akan berkumpul sekedar berdebat tentang listrik bulanan yang melonjak naik, masak memasak makanan khas daerah…  tentang hantu  yang sering meneror kami lewat bel pintu,, dan sholat berjamaa  ,,, ngaji bersama … aku blum tahu yang lain,  tapi yang paling enak didengar suaranya waktu ngaji itu farah  soalnya dia sering ngaji bareng aku.. heheh. . . aku suka mereka….
Dan internet adalah kekuatan yang dasyat buat anak muda yang galau seperti kami tanpa pacar…  entah bagaimana takdir, tuhan nama kami hampir sama, kata orang  tua ratih ,, wajah ratih dan kiran hampir mirip,, kalau aku sama farah, entahlah  dan lebih lagi  kami JOJOBA….
Jika takk ada bahan biasanya kami akan berkumpul dikamarku atau kamar kiran yang punya hospot area terkuat heheh . . . J atau nonton bareng di kamar ratih, makan makan dikamar farah…
Kami sering mengotak atik internet untuk sekedar tahu tentang mantan kami, teman kecil kami dan saling menceritakan…. Mencari tahu tentang mereka…
Aku dan kiran punya persamaan yang sama blum bisa melupakan mantan, mungkin itu yang membuat kami cocok….. dia berteman dengan mantanya dan aku  akhirnya aku menemukan pandi kembali,  tapi sama sama di dunia maya….
Hari itu dia akan wisuda, dengan kata lain dia akan meninggal kan Yogja,,, aku tahu aku dan pandi memang mungkin tidak bisa bersama,, tapi setidaknya aku ingin dia tahu bahwa aku tak kkan pernah melupakkannya… akhirnya aku putuskan mengucapkan selamat padanya….
Kami pun berteman kembali didunia maya,,,
Hari itu aku menerima chat dari Santi adiknya pandi… dia membaca status sedih bin lebay  yang kutulis difacebook… dia bertanya katanya itu buat siapa,,apa buat kakaknya… katanya dia menceritakanku pada ibunya,, katanya berharap punya mantu perawat dan semua kata katanya bikin aku terbang tinggi…. Tapi katanya  dia ngak setuju dengan pacar pandi…………….
Seharusnya aku menjadi setan dan mulai mendukung perkataan adikny ,, tapi kenapa aku begitu lemah melihat pandi bahagia bersama pacarnya… kalau pandi tidak bahagia tak mungkin bisa selama itu bertahan bersama pacarnya sekarang tapi pandi begitu kekeh mempertahankan pacarnya,, jadi mungkin dia yang terbaik untuk pandi. aku pun menjelaskan pada santi untuk mendukung pandi, untuk dekat sama pacarnya.. agar tak ada yang terluka…. Bodohnya aku!
Tahun ke 2 perpisahan ,,, masih kebiasaan lama…. Aulia masih setia nemenin aku ritual mengenang masa lalu… kali ini kami pergi ke alun alun kidul,,disana aku pernah bersamanya…. Aulia membawakanku sebuah balon….
Ni balon mba tulis nama nya…. Kata aulia sambil nyerahin spidol
Buat apa kataku heran…. Lalu menulis nama “ pandi” dibalon itu…
Buat harapan….
Maksudnya….
Harapan untuk melepaskan, harapan untuk bebas…
Hmm….
Kalau mba tetap megang balon itu ,,dia akan tetap ditangan mba mungkin hingga pecah… dan bisa saat itu mb belum siap…
Truzzz ….
Kalau mba lepasin balon itu,,, biarin dia  terbang tinggi memilih jalannya,, dan tunggu takdir tuhan …
Lalu….
Saat tangan mba kosong mungkin akan ada orang lain yang megang tangan mba….
Perlahan aku paham , maksud adiku ini,, terkadang dia jauh lebih dewasa dari pada aku…. Aku salut padanya! Trima kasih adiku….
Walau aku melepaskan balon itu, sejenak aku berharap balon itu tidak terlalu jauh terbangnya sehingga aku bisa melihatnya… tapi sayang … jauh jauh sekali ,sampai tak terlihat mataku…dia sudah pergi.
**
Kami komuda di puskesmas  yang pertama puskesmas Bantul dan selanjutnya puskesmas daerah wirobrajan . . . .selama beberapa hari kami komuda seperti biasanya,,, hanya saja ternyata kolaborasi dengan tim lain itu tidak gampang, ada beberapa orang menerima, tapi ada beberapa juga yang kurang bahkan menangap kita pesaing,,, seperti saat ini aku komuda di puskesmas bantul disana aku berkolaborasi dengan dokter, ikut merawat pasien dipuskesmas tersebut saat kami menyusun diagnosa , dokter tersebut mau berdiskusi dan membantu memecahkan masalah yang ada., berbeda dengan puskesmas di wirobrajan, para tim medis disana ada beberapa yang membantu, tapi ada juga salah satu oknum yang mempersulit, bahkan beberapa teman saya kena marah darinya langsung dihadapan pasien, termaksud saya….. yang menurutku No Good.
Jadi sebenarnya kita saat turun dilapangan atau lahan, bukan hanya tentang pasien, tapi juga menjalin kerja sama dengan para tenaga kesehatan yang lain.

Sahabatku cut sakit, dia masuk RS… aku datang kesana buat jenguk dia ,,ternyata cut demam hanya kecapean, badanya ngedrop abis dari praktikum …dan  dia mungkin sedikit tergangu dengan anak anak koztnya ,,, dia curhat kalau sering cekcok dengan anak koztnya… tapi cut tidak perlu mondok diRS,, akhirnya kami pulang dan aku mutusin buat jagain cut….
Rha kamu nginap ya.. dikoztku kata cut,, waktu sampai dikoznya..
Iaa sippp pasti …. Kataku sambil megang tangan cut…
Ya udah aku belliin makanan buat cut dulu ya kata cowok cut… sambil pergi…
Okee…
Cut ,,, aku ngak bisa nginap yah… kata vanya…
Iaa ..ngak apa apa …
Kasian cut,,, teman teman sekoztnya tak ada yang menjenguk apa lagi teman daerahnya,,, kata cut dia piker mereka pasti iri,, karena punya sahabat seperti aku dan vanya…. Tapi aku tahu cut sedih,, jadi aku ngak mau ningalin dia…
Rha … kata cut ngeliatin aku yang masih nonton tv…
Yhaa….
Kok lum tidur,,,
Iaaa,, kan jagain kamu… kenapa kamu kok bangun ….
Huum aku kedinginan nih…. Kata cut lemas
Ya udah aku kerokin yah…. Lalu aku ngerokin dia pake minyak kayu putih….
Sesekali aku terbangun,, buat ngeliatin cut..berharap panasnya segera turun… berharap cut segera sembuh,.Mama  cut nelfon,, Nampak ya mamanya khawatir,,, tapi cut berusaha nenangin… katanya ada aku… aku senang paling tidak bisa ada buat cut… aku marah kesel!! sama teman teman koztnya cut, tega banged sih  kasian cut ,, dia pasti sedih banged.

***
Aku Ultah aku begitu bahagia,,, karena aku punya sahabat dan tanpa masalah…teman sekozt yang baik,, teman sekozt yang mengajarkan kami cara berdiskusi berbagi pikiran , walau kadang akan berakhir dengan pendapat yang berbeda beda... kadang setelah diskusi ,, apalagi tenang listrik bagi kami anak kost itu hal yang paling sensitif... dan akan berakhir dengan marahan..walau begitu  hidupku benar benar bahagia…. Walau aku tak punya pacar.. hari saat aku ultah mereka mendoakkanku agar aku punya pacar lagi,, aku mengamininya….
Sebenarnya tanpa pacarpun,, aku sudah mensyukuri hidupku yang sekarang,,, tapi apa salahnya punya paket …. Keluarga, sahabat, teman kozt yang seperti keluarga dan Pacar….
Mungkin malaikat mengamininya…. Seiring waktu  berlalu….
Aku mengenalnya pertama kali dikenalinya Kakaknya,,, pertama kali bertemu takk ada perasaan yang special,, kami mulai dekat , sepertinya dia menyukaiku… dan aku menyukai orang yang menyukaiku…. smua teman temanku aku kenalkan, dia tak ada perubahan …. tak tersenyum atau melirik dibelakangku pada temanku, dia lumayan ……
Saat aku benar benar yakin dia tak  ada hubungan denga kisahku berama pandi Dan Sebulan bersamanya sedikit  demi sedkit…… aku berharap, berharap lukaku yang dulu akan sembuh!
Untuk kesekian kalinya, Sekali lagi  berhubungan dengan pandi ,,, tapi aku di antara posisi yang terbalik,,, ini pilihan yang dikasih tuhan padaku ….
Dan rasa terkejut  begitu mengetahui dia berhubungan dengan kisahku dulu…….. kenapa tuhan kenapa dia juga,,,,,
Aku mengetahuinya karena kebiasaan gila kami tentang internet,, mencari tahu sekecil apapun masa lalu orang yang ingin dekat dengan kami… kiran dan aku setelah sibuk buka profil orang ini orang itu di facebook ,,,akhinrnya sampai pada satu titik………………
Terkadang lebih baik anda tidak tahu sama sekali agar tidak terluka! Jika anda terlalu banyak tahu anda akan mempertimbangkan lalu anda yang akan terluka… Dia mempunyai kisah yang sama denganku………….. 

kisahnya …
Dino dan Maria,, mereka saling mencintai ,,,, takk ada yang bisa memisahkan mereka, pertengkaran biasa terjadi,… sampai suatu hari  maria pergi pulang kekampung halaman liburan, sampai disana mungkin dia berpikir tentang hubungan mereka apa bisa dilanjutkan dengan perbedaan keyakinan apa dino akan bahagia bersama dia, apa mereka benar2  serius dengan hubungan ini,, maria hanya member waktu untukknya dia sendiri berpikir tentang semuanya…. Tapi terlambat dino sekarang sudah bersama wanita lain,,, yaitu aku . . .
Kisahku …
Aku dan Pandi… aku mencintai pandi,, berharap tak ada yang akan memisahkan… pertengkaran biasa terjadi… sampai suatu hari aku pulang untuk liburan,,, sampai disana aku berpikir tentang hubungan ku dan pandi jarak kami apa bisa diilewati , apa bisa direstui ,, apa pandi serius dengan hubungan kami… saat dia seharusnya sudah menyelesaikan studi saat ini,, mungkin salahku hingga pandi terlambat wisuda… dan apa pandi bahagia…. Aku hanya memberi waktu untuk sendiri berpikir…. Tapi terlambat pandi sudah bersama dengan wanita lain yang ternyata berbeda keyakinan . . .
Rasa sakit tentang kisahku masih kurasakan,,, rasa sakit maria saat dino pergi  bersama wanita lain disaat dia ingin mencari jawaban …. Aku bisa rasakan…. Aku melepaskan dino . . .untukk berharap dino dan maria bisa bersama menemukan jawaban mereka…. Tanpa aku jadi penghalang.

Waktu berlalu ,, aku dan maria berteman…
Waktu maria pergi berkunjung ke koztku bersama dino.. maria dia memakai jilbab..bagaimana bisa,, tapi aku menghargai itu… saat itu ada aulia,, aulia ingin menjemputku ketika tahu ada mereka dia mengerti.. anak anak koztku farah dan kiran… tak abis piker tentng jalan pikiranku, yang masih mau nerima maria dan dino… aku ngejelasin semua lewat tulisan ku ,, karena aku hanya bisa meluapkan semua emosiku dan perasaanku ditulisan dicatatan … sedangkan dimulut walau aku ingin berkata lain,,lain pula yang keluar. Menurutku tulisanku adalah diriku.. tapi merka mungkin tak mengerti tentang aku karena mereka mengenalku langsung,, tanppa mengerti arti tulisanku dan mungkin tak membaca , bagiku berarti meraka memang tak mengenalku!.… tapi sahabatku tetap  tak suka ! kata mereka buat apa? Kamu orang terbodoh seduina karena berteman dengan pacar mantanmu… akhirnya aku menurut…. Tapi maria salah paham kata maria aku penipu ,,,yang hanya ingin cari tahu tentang hidupnya. katanya  aku wanita  jahat!
Dan dia perlahan berteman atau lebih tepat nya besekonkol  dengan sahabat sahabatku . . .
Aku semakin sakit,,, saat tahu mereka yang kubanggakan mereka yang ku miliki satu satunya…. Yang selama ini bertahan untukku …. Vanya dan cut ternyata mereka yang menjatuhkanku, karena mungkin aku orang munafik yang pernah mereka kenal………
Aku marah ,,, aku merasa mereka menghkianatiku……. Dan  aku diam diam pun pergi dari hidup mereka.

Bersambung . . .


0 komentar:

 
Copyright (c) 2010 Eni Eviani Tube S.Kep. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Direct Line Insurance.