Minggu, 25 Maret 2012

Keperawatan Dewasa



 Cedera Fisik adalah r asa sakit yang ditimbulkan karena kecelakaan atau trauma  , sehingga dapat menimbulkan cacat, luka dan rusak pada otot atau sendi serta bagian lain dari tubuh
      Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Prasekolah 
Rasa keingintahuan tentang hal-hal yang berada dilingkungan semakin besar dan dapat mengembangkan pola sosialisasinya. Anak sudah mulai mandiri dalam merawat diri sendiri seperti mandi, makan, minum, mengosok gigi, BAB dan BAK, dan lain lain.Apabila orang tua kurang meningkatkan pengawasan disaat ini padaa anak- anak yang masih mengalami pertumbuhan saat bermain kadang mereka tidak sadar akan adanya bahaya. Sehingga orang tua lebih meningkatkan kewasapadaannya. 

 Macam –Macam cedera 
a.       Cedera tingkat 1 (cedera ringan)
Pada cedera ini penderita tidak mengalami keluhan yang serius, namun dapat mengganggu penampilan . Misalnya: lecet, memar, sprain yang ringan.

b. Cedera tingkat 2 (cedera sedang)
Pada cedera tingkat kerusakan jaringan lebih nyata berpengaruh . Keluhan bias berupa nyeri, bengkak, gangguan fungsi (tanda-tanda inplamasi) misalnya: lebar otot, straing otot, tendon-tendon, robeknya ligament (sprain grade II).

c. Cedera tingkat 3 (cedera berat)
Pada cedera tingkat ini  perlu penanganan yang intensif, istirahat total dan mungkin perlu tindakan bedah jika terdapat robekan lengkap atau hamper lengkap ligament (sprain grade III) dan IV atau sprain fracture) atau fracture tulang.

  
Cara- cara mencegah cedera
a. Menciptakan Lingkungan Yang baik
b. Berolahraga yang teratur
c.Makan makanan yang bernutrisi baik
d.Menjaga daya tahan tubuh

Penanganan cedera

R – Rest : diistirahatkan adalah tindakan pertolongan pertama yang esensial penting untuk mencegah kerusakan jaringan lebih lanjut.

I – Ice : terapi dingin, gunanya mengurangi pendarahan dan meredakan rasa nyeri.

C – Compression : penekanan atau balut tekan gunanya membantu mengurangi pembengkakan jaringan dan pendarahan lebih lanjut.

E – Elevatin : peninggian daerah cedera gunanya mencegah statis, mengurangi edema (pembengkakan) dan ras
a nyeri.

0 komentar:

 
Copyright (c) 2010 Eni Eviani Tube S.Kep. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Direct Line Insurance.